header-int

Peralatan Laboratorium

Posted by : Administrator
Share

Laboratorium Penelitian dan Pengujian Terpadu Universitas Gadjah Mada  (LPPT-UGM) merupakan salah satu unit penunjang universitas yang mempunyai tugas utama: a) menyelenggarakan layanan pengujian,  kalibrasi, kerjasama penelitian, pelatihan, dan penyediaan hewan  uji; b) memfasilitasi kegiatan  grup riset interdisiplin UGM; c) memfasilitasi  peningkatan mutu layanan  laboratorium  di UGM. Dalam menjalankan tugas tersebut LPPT dituntut untuk mempunyai sistem manajemen pengeolaan berstandar internasional dan terakreditasi, memiliki SDM komptensi yang handal dalam pengelolaan laboratorium, serta didukung sarana dan prasarana yang memadai diantaranya peralatan laboratorium yang mengikuti state of the art teknologi intrumentasi laboratorium.

Dalam memenuhi kebutuhan peralatan laboratorium LPPT-UGM mengacu pada pemenuhan standard peralatan minimal untuk mendukung UGM sebagai universitas riset dengan selalu mengedepankan analisis utilisasi peralatan sebelum dilakukan pengadaan peralatan. Sejalan dengan fungsi peningkatan mutu layanan laboratorium di semua fakultas di UGM, LPPT juga mempertimbangankan kebutuhan dan ketersedian dan utilitas peralatan laboaratorium-laboratorium tersebut untuk dipergunakan secara bersama (sharing facility). Perlatan laboratorium di kategorikan sebagai peralatan dengan investasi besar dan diperlukan untuk mendukung penelitian interdisplin sebagai prioritas utama, peralatandengan investasi besar yang diperlukan oleh beberapa fakultas dan peralatan spesifik untuk suatu laboratorium di fakultas. Sampai dengan saat ini LPPT UGM masih memprioritaskan melengkapi standar alat minimal untuk kelompok prioritas pertama dan kedua, sedangkan untuk prioritas ketiga didorong partisipasi masing-masing laboratorium di fakultas untuk terus melengkapi peralatan masing-masing. Koordinasi sistem pengembangan peralatan anatar laboratorium fakultas dan LPPT-UGM dilakukan memalui sistem informasi laboratorium (SILAB) yang dikembangkan LPPT UGM bersama dengan DSDI

Saat ini LPPT-UGM telah dilengkapi peralatan dasar untuk keperluan penelitian biologi molekuler seperti PCR, RT-PCR dan DNA sequencer; penelitian bidang material seperti SEM, FTIR, spektrofotometer dan spektroflurence serta thermal analyser (DSC-DTA/TGA) serta berbagai perlatan untuk keperluan pemisahan dan kharakterisasi molekul seperti GC, HPLC, LC-MS/MS dan high resolution NMR. Untuk keperluan penelitian dengan hewan coba, selain dilengkapi dengan fasilitas breeding hewan coba standar juga telah dilengkapi dengan metabolic cage dan kandang standar. Fasilitas peralatan tersebut dapat digunakan oleh mahasiswa S1, S2, S3 dan dosen serta tenaga kependidikan yang melakukan penelitian di LPPT-UGM.

LPPT UGM

LPPT UGM

Jl. Kaliurang Km.4 Sekip Utara Yogyakarta 55281

Telp/Fax. +62 274 548348 | WA/SMS.082328276111

Email: lppt_info@mail.ugm.ac.id

© 2017 LPPT UGM