header-int

LPPT UGM Raih ISO 17025:2005

Senin, 10 Apr 2011, 13:03:31 WIB oleh Sumadi - dilihat 154 kali
Share

Laboratorium Penelitian dan Pengujian Terpadu (LPPT) UGM berhasil meraih sertifikat ISO 17025:2005. Dengan sertifikat ini berarti hasil penelitian dari laboratorium ini dinyatakan valid dengan standar internasional.

Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UGM, Prof Dr Retno Sunarminingsih, M.Sc, Apt mengatakan, ISO 17025 yang diraih LPTT UGM adalah versi 2005 yang merupakan versi terbaru. Sebelumnya ITB juga pernah mendapatkan, tetapi untuk versi 2000.

“Sedang untuk versi 2005 kita yang pertama mendapatkannya,” ujar Retno kepada wartawan, Jumat (22/6) di Ruang Sidang Pimpinan UGM. Turut hadir mendampingi, Prof Dr Sismindari S.U., Apt selaku kepala LPPT, dan Drs. Harsojo M.Sc, Kepala Bidang Layanan Pengujian, Kalibrasi dan Sertifikasi LPPT, serta Drs. Suryo Baskoro, MS, Kepala Bidang Humas UGM.

Menurut Retno, banyak kendala yang dihadapi LPPT UGM untuk mendapatkan sertifikat ini, salah satunya adalah sudah tuanya peralatan laborat yang rata-rata merupakan alat buatan tahun 1987. “Sehingga kita melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan performa alat-alat tua itu,” tambah Retno.

LPPT UGM sendiri tambah Retno, memiliki 5 laboratorium pusat yang telah digabungkan menjadi satu. Kelima laboratorium tersebut adalah Laboratorium Analisa Kimia dan Fisika Pusat (LAKFIP), Laboratorium Referensi, Laboratorium Ilmu Hayati, Pusat Studi Obat Tradisional, dan Unit Pengembangan Hewan Percobaan (UPHP).

Setelah mendapatkan sertifikat ini LPPT UGM akan bekerjasama dengan laboratorium fakultas di UGM untuk mengembangkan kompetensi pengujian melalui pola afiliasi. Salah satunya dengan Fakultas Kedokteran dan Farmasi yang akan melakukan uji Bioequivalence dan Bioavailability yang diperlukan untuk pengujian sediaan obat.

Retno menegaskan, selama ini sudah banyak pihak-pihak yang memanfaatkan LPPT sebagai sarana penelitian. Ia mencontohkan seperti di bidang pertanian, VCO, bahkan minyak wangi. “Perusahaan dari Jepang yang punya perwakilan kantor di Klaten misalnya juga melalui penelitian di LPPT UGM ini,” tegasnya.

Rencananya, penyerahan penghargaan ISO 17025:2005 kepada LPPT UGM akan diserahkan langsung oleh Komite Akreditasi Nasional, disaksikan oleh Mendiknas, Bambang Sudibyo, Sabtu malam (23/6) di ruang Auditorium Gedung MM UGM. (Humas UGM)

 

Sumber : Portal UGM

LPPT UGM

LPPT UGM

Jl. Kaliurang Km.4 Sekip Utara Yogyakarta 55281

Telp/Fax. +62 274 548348 | WA/SMS.082328276111

Email: lppt_info@mail.ugm.ac.id

© 2017 LPPT UGM