Jumat, 02 November 2012 - 08:46:14 WIB
Pelatihan Jabatan Fungsional PLP
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pelatihan - Dibaca: 1342 kali

Laboratorium merupakan unsur yang sangat penting dalam pelaksanaan kegiatan dan penelitian. Kegiatan laboratorium secara umum adalah proses penguuran untuk menghasilkan suatu data yang valid. Salah satu faktor penentu validitas data laboratorium adalah personil pelaksana di laboratorium (laboran, teknisi, analis).
Dalam mendukung kompetensi personil laboratorium, pemerintah telah menetapkan jabatan fungsional baru bagi personil pelaksana laboratorium pendidikan dengan nama Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) melalui Permenpan No 3 Th 2010. Dengan jabatan fungsional PLP tersebut diharapkan pelaksana kegiatan laboratorium (PLP) mempunyai jenjang karier yang jelas dan tingkat kesejahteraan yang lebih meningkat yang pada akhirnya dapat mendukung kinerja laboratorium.
Mengingat PLP merupakan jabatan fungsional maka prosedur untuk kenaikan jabatan maupun pangkat mempunyai mekanisme yang berbeda dengan sebelum pelaksana laboratorium menjadi PLP. Kenaikan pangkat dan jabatan didasarkan pada angka kredit yang dikumpulkan oleh PLP melalui kegiatan pendidikan, pengelolaan laboratorium, pengembangan profesi dan kegiatan penunjang. Kegiatan pengelolaan laboratorium merupakan kegiatan yang sangat komplek yang mencakup banyak pekerjaan yang mempunyai bobot angka kredit masing-masing. Hal ini menjadikan perhitungan angka kreditnya lebih rumit dibandingkan perhitungan angka kredit jabatan fungsional lain seperti dosen. Ketentuan angka kredit, prosedur pengajuan maupun detail perhitungan angka kredit untuk masing-masing kegiatan sebenarnya telah dicantumkan secara lengkap di Permenpan No 3 Th 2010,  Peraturan Bersama Mendiknas dan Kepala BKN (Juklak) maupun rancangan Juknis yang sedang disipakan DIKTI. Sayangnya memang belum semua PLP mampu mempunyai pemahaman yang cukup terhadap  peraturan-peraturan tersebut sehingga proses pengumpulan angka kredit sampai dengan pengajuannya untuk keperluan kenaikan pangkat/jabatan sering memberatkan PLP.
LPPT UGM sebagai laboratorium pusat UGM selama ini banyak berperan dalam peningkatan kompetensi tenaga laboratorium baik di UGM maupun di institusi lain. Menanggapi permasalahan yang dihadapi PLP sebagaimana diuraikan di atas LPPT menawarkan pelatihan jabatan fungsional PLP yang diharapkan dapat membantu PLP dalam memahami jenjang kariernya berikut peraturan-peraturan dalam melaksanakannya serta bagaimana mengumpulkan angka kredit dan mengajukan kenaikan pangkat/jabatan.

Informasi lengkap tentang pelatihan ini dapat di baca di brosur kami yang dapat anda download di sini.


Share artikel ini di :