Jumat, 04 Maret 2011 - 10:13:42 WIB
Studi Banding LPPT-UGM ke Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Rilis - Dibaca: 1395 kali

Dalam rangka peningkatan kompetensi SDM LPPT dalam bidang penelitian herbal dan hayati, dilakukan studi banding ke Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) Tawangmangu pada tanggal 28 Februari 2011. Kegiatan tersebut diikuti dua belas orang terdiri dari staf pengelola (sekretaris, kabidyan penelitian, kabidyan prakinik dan hewan coba) penyelia praklinik dan teknisi-teknisi bidang obat herbal dan penelitian hayati.

Selain untuk melihat praktek-praktek baik di B2P2TOOT yang bisa diaplikasikan di LPPT, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menjajagi kemungkinan kerjasama penelitian terutama dalam bidang standarisasi dan saintifikasi obat herbal, uji toksisitas obat herbal dan pengembangan istrumentasi pasca panen. Pengembangan topic-topik tersebut dipilih dalam rangka menyikapi PerMenKes No. 003/Menkes/Per/I/2010 tentang Saintifikasi Jamu da Penelitian dan Berbasis Pelayanan Kesehatan, dimana ke depan direncanakan obat herbal (jamu) akan masuk dalam sistem pelayanan keshatan Indonesia (diresepkan oleh dokter).

B2P2TOOT sendiri merupakan badan yang ditunjuk oleh Kemenkes untuk melakukan inisiasi penelitian jamu berbasis pelayanan kesehatan, dimana di balai tersebut terdapat klinik yang memberikan pelayanan kesehatan dengan menggunakan obat herbal (jamu). Klinik tersebut saat ini dijalankan oleh lima orang dokter dan telah melakukan pelatihan bagi lebih dari 60 dokter di Jawa Tengah sebagai persiapan pelaksanaan layanan kesehatan dengan obat herbal di Puskesmas dan Rumah sakit.

LPPT-UGM sendiri berencana mengadakan pelatihan tentang standarisasi dan saintifikasi obat herbal pada tanggal 12-13 Mei 2011 bekerja sama dengan Gabungan Pengusaha Jamu Jawa Tengah. Informasi pelatihan dapat kontak LPPT UGM, di 0274 548348 SMS 085868333843 email lppt_info@mail.ugm.ac.id, c.p Djoko Alberto, jack59vk@yahoo.co.id


Share artikel ini di :